Senin, 13 Februari 2012

Bunga bangkai

Bunga bangkai jenis Amorphopallus Titanum di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, pada waktu dekat kembali mekar. "Diperkirakan Februari akan mekar sempurna, saat ini masih dalam proses untuk tumbuh," kata Sugiarti, petugas bagian informasi Kebun Raya Bogor.
Bahkan, rencananya bunga bangkai mekar kali ini akan dipamerkan dalam fertival bunga di Korea. Dalam festival tersebut, katanya, Kebun Raya Bogor akan memamerkan bunga asli Indonesia yang salah satunya bunga bangkai. "Nanti setelah mekar, bunga akan kita awetkan dan akan kita bawa ke Korea untuk ikut pameran," katanya.
Ia menjelaskan, bunga bangkai merupakan bunga asli Indonesia dengan ciri unik yakni mengeluarkan bau aroma seperti bangkai. Bunga itu, katanya, kategori langka karena untuk berkembang biak memerlukan proses yang sangat panjang.
Sugiarta menambahkan, mekarnya bunga bangkai mendatang itu merupakan kesekian kalinya. Bunga bangkai cukup sering mekar di Kebun Raya Bogor sehingga menjadi ciri khas Kebun Raya Bogor. Kali terakhir bunga itu mekar pada November 2011.
Dia juga menjelaskan, Kebun Raya Bogor selain melakukan konservasi juga sejumlah penelitian terhadap tanaman di Indonesia .Salah satunya, katanya, umbi bunga bangkai yang dapat menjadi sumber daya pangan masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar